Cara cepat menghafal Alquran perlu dipelajari. Salah satu amalan paling baik yang ingin dicapai semua umat Islam yakni dengan menghafal Alquran. Banyak keutamaan yang akan didapatkan apabila seseorang bisa menjadi penghafal Alquran. Salah satu keutamaan yang didapatkan seperti kelak saat dalam surga akan memperoleh derajat yang tinggi.

Penghafal AL Qur’an bisa memberikan mahkota di surga untuk orang tua, terbebas dari siksa, dan lain sebagainya. Namun, untuk menghafal Al Qur’an bukan pekerjaan yang mudah. Bahkan untuk menghafal satu surat pun membutuhkan waktu yang cukup lama dan hanya bertahan sebentar untuk hafal di luar kepala.

Cara Cepat Menghafal Alquran, Coba Lakukan Ini!
transkepri.com

Ketahui Cara Cepat Menghafal Alquran

Apabila memiliki anak seorang penghafal Alquran atau hafiz Quran, tentunya menjadi sesuatu kebanggaan tersendiri. Untuk itu, ketahui cara menghafal Alquran yang bisa dilakukan berikut ini.

Selalu Diperdengarkan Alquran

Hal ini dilakukan agar ayat-ayat Alquran menjadi tidak asing saat didengarkan. Bukan hanya dari aplikasi suara, namun akan lebih baik apabila anak mendengar lantunan ayat tersebut dari orang tuanya langsung. Sama halnya saat anak berbicara, anak akan lebih mudah menyerap banyak hal yang ada di sekitarnya. Tentu saja hal tersebut perlu dilakukan secara berulang-ulang. Oleh karena itu, perlu diperdengarkan lantunan ayat Al Quran di rumah agar anak lebih terbiasa.

Perdengarkan Sejak Usia Dini

Anak yang masih berada dalam kandungan tentu juga memiliki kemampuan untuk mendengarkan lingkungan sekitarnya. Apabila sering mendengarkan lantunan ayat Alquran meski sejak dalam kandungan, maka akan mempermudah anak untuk mengingat setiap ayat tersebut.

Keyakinan yang Kuat

Cara cepat menghafal Alquran dan tidak mudah lupa dapat dilakukan dengan meneguhkan keyakinan. Coba untuk tanamkan sejak awal bahwa prosesnya mudah, maka juga terasa mudah. Sebab, pikiran bisa mengaktifkan alam bawah sadar yang sangat membantu proses menghafal Al-Quran tersebut.

Namun apabila menanamkan pikiran bahwa menghafal Al-Quran itu sulit, nantinya juga terasa sulit. Oleh karena itu, perlu selalu memotivasi anak agar tumbuh keyakinan bahwa cara menghafal Al-Quran tersebut mudah dilakukan.

Mengakrabkan Diri dengan Al-Quran

Untuk menghafal Al-Quran lebih mudah yakni perlu mengakrabkan diri dengan Al-Quran. Penting untuk berinteraksi dengan Al-Quran dalam waktu yang lebih banyak. Salah satu caranya yakni memulai membaca 5 juz per hari, selanjutnya dengan menghafal 1 ayat per hari.

Memperbaiki Bacaan

Sangat penting untuk mengecek kembali kualitas bacaan yang dimiliki, sebelum mulai menghafal Al-Quran. Pastikan untuk memperbaiki bacaan Al-Quran terlebih dahulu. Tak hanya menjadikan hafalan lebih sempurna, namun pahala yang akan didapatkan semakin berlipat. Memperbaiki bacaan juga membantu terhindar dari salah dalam membaca dan melakukan kesalahan.

Pilih Metode Menghafal Alquran Paling Mudah

Cara cepat menghafal Alquran bisa dilakukan dengan memilih metode menghafal Alquran paling mudah. Setiap orang tentu memiliki metode hafalan yang berbeda-beda. Ada yang mencari referensi dan melihat cara menghafal dari orang lain. Cara ini membantu dalam menentukan metode yang cocok untuk diterapkan.

Sering Melakukan Murojaah

Cara yang perlu dilakukan selanjutnya yakni sering melakukan murojaah atau mengulang bacaan. Semakin sering mengulangi satu ayat, maka akan lebih mudah untuk mengingat ayat tersebut. Sebaiknya tidak terburu-buru menambah hafalan, apabila tanpa mengulang ayat sebelumnya berkali-kali. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko hilangnya hafalan tersebut. Oleh karena itu, perlu untuk mengulang murojaah sesering mungkin.

Berbagai cara cepat menghafal Alquran tersebut penting untuk dicoba. Lakukan sesering mungkin agar lebih menjadi cepat hafal.