Cara mudah belajar fisika yang sebagian besar siswa dianggap rumit. Biasanya ketika seseorang masuk jurusan IPA di SMA, pelajaran Fisika merupakan sebuah pelajaran yang wajib. Bahkan juga sebagai salah satu opsi pelajaran yang diujikan saat Ujian Nasional. Untuk Anda yang menganggap Fisika itu rumit. Maka Anda bisa simak tips berikut ini.

Cara Mudah Belajar Fisika Agar Lebih Mengerti Dalam Mengerjakan Soal
rumahbelajar-topscore.com

Cara Mudah Belajar Fisika

Fisika atau Physics biasanya dianggap seperti hantu oleh sebagian besar siswa. Nah, berikut ini cara mudah dengan perlahan yang bisa Anda praktekkan supaya lebih mudah dalam belajar Fisika.

Change Your Perspective

Ya benar sekali. Apabila dari awal Anda sudah tidak menyukai gurunya serta memiliki anggapan bahwa Fisika itu begitu sulit untuk dimengerti. Maka untuk kedepannya Anda akan merasa begitu malas ketika belajar Fisika.

Dengan demikian, Anda perlu menggeser cara pandang Anda dengan beranggapan bahwa Fisika tidaklah sulit, hanya saja tidak mudah dalam melakukannya. Ulangi mantra tersebut serta mulailah berpikir bahwa belajar tentang Fisika merupakan tantangan bukan suatu beban berat.

Tidak Menghafal Rumus

Saat Anda mengerjakan soal Fisika, maka anda terlebih dahulu perlu mengetahui bagaimana rumus dasar kemudian diaplikasikan sesuai permasalahan yang berada pada soal. Akan tetapi, dengan menghafal mati maka penyelesaian satu soal belum tentu dapat Anda gunakan saat mengerjakan soal lain.

Memahami Konsep Terlebih Dahulu

Untuk cara mudah belajar Fisika selanjutnya yakni dengan sering melakukan latihan dalam memahami sebuah konsep Fisika. Contohnya saja seperti bagaimana asal dari rumus Ep=m.g.h serta rumus-rumus yang lainnya.

Untuk itu, hal tersebut bisa membantu Anda dalam mengerjakan soal lainnya meskipun telah dimodifikasi. Maka Anda akan mengerti menggunakan rumus-rumus yang sesuai guna menyelesaikan soal yang ada. Misalnya lagi mengenai penjabaran vektor gaya, Fx=F cos a dan lain sebagainya.

Latihan Menggunakan Soal

Anda dapat memulai mengerjakan soal yang level “beginner” terlebih dahulu. Dapat Anda lakukan juga perbanyak bank soal Fisika. Atau bisa juga melakukan surf the internet untuk sesuatu yang bermanfaat. Contohnya saja mengikuti tes Fisika secara online. Dengan Anda semakins ering mengerjakan berbagai macam soal, maka Anda akan semakin siap untuk naik level ke soal yang pastinya lebih rumit.

Selalu Mencatat

Apakah Anda pernah membaca mengenai riset bahwa orang yang menuliskan sesuatu secara berulang kali sampai delapan kali akan mengingat tulisan tersebut? Nah itu sebuah kekuatan dalam membuat note. Sebaiknya Anda mencatat dengan rapi memakai tambahan sticky notes, spidol warna-warni guna sebagai hiasan catatan dan notebook. Bisa juga Anda desain dengan keren sesuai kesukaan. Hal tersebut bisa menambah semangat Anda dalam belajar Fisika.

Bukan Hanya Dilihat, Namun Ditulis

Apabila terdapat soal, jangan hanya Anda lihat dan dipandangi saja. Melainkan anda tulis apa yang diketahui dari soal tersebut. Hal ini bisa membantu Anda dalam mencari tahu tentang inti permasalahan yang ada pada soal.

Setelah Anda mengetahui rumus apa serta mana yang dipakai untuk menyelesaikannya. Maka menulis bisa juga membantu Anda dalam daya ingat. Pasalnya setiap penerimaan pemahaman setiap orang akan berbeda-beda dalam menyelesaikan rumu yang aa. Kemudian biasakan dalam memperhatikan kemudian menulis informasi yang penting. Supaya Anda bisa mengingatnya dalam waktu cukup lama.

Membaca Buku Fisika

Cara mudah belajar Fisika yang terakhir yaitu dengan membaca buku Fisika. Anda bisa mencari buku Fisika yang berwarna sehingga lebih asyik serta menyenangkan. Pasalnya buku yang memiliki warna monoton bisa membuat Anda merasa bosan. Sehingga Anda bisa mencari buku Fisika yang lebih berwarna supaya bisa menarik minat untuk membaca serta mempelajarinya.