Metode membaca dan menulis yang tepat dan efisien menjadi incaran orang tua yang memiliki anak usia pra sekolah atau baru masuk sekolah. Ini berarti mereka akan mengajarkan pemula bagaimana membaca dan menulis.

Metode Membaca dan Menulis Permulaan Lebih Efektif
unsplash.com

Beberapa Metode Membaca dan Menulis Bagi Pemula

Pada dasarnya, membaca dan menulis tidak terpisahkan. Ketika belajar membaca, maka secara tidak langsung menuntut anak bisa menulis. Begitupun sebaliknya.

Membaca sendiri memiliki arti sebagai cara memperoleh suatu informasi dari teks tertulis. Satu hal yang pasti adalah belajar apapun membutuhkan semangat, niat, dan tekad.

Namun, tanpa metode tepat bisa jadi butuh waktu lama menguasainya. Berikut merupakan metode sederhana yang akan membantu memudahkan Anda mengajari si kecil

Metode Bunyi

Dalam prakteknya, metode bunyi adalah mengenalkan huruf dari a sampai z, dan lengkap dengan cara pengucapan yang benar. Proses ini tidak hanya berjalan sekali tetapi berulang kali.

Metode ini hampir mirip dengan mengeja. Di samping mengucapkan, latih anak untuk menulis.

Tiap belajar tidak perlu banyak mengenalkan huruf. Bila sudah fasih membedakan huruf, barulah melatih anak merangkai beberapa huruf.

Metode Kupas Rangkai

Metode ini langsung mengenalkan huruf, kemudian merangkainya menjadi suku kata, dan melanjutkan hingga menjadi sebuah kata. Ada bisa mengawali dengan memperkenalkan huruf lepas sebelum merangkainya menjadi kata.

Metode Suku Kata

Metode ini bisa Anda berikan setelah anak paham bentuk huruf. Anda bisa mengawali dengan mengenalkan suku kata yang terdiri dari satu huruf konsonan dan satu huruf vokal. Misalkan saja BA, CA, DA, dan seterusnya.

Gunakan Gambar Pendukung

Tidak ada salahnya menggunakan media berupa gambar pendukung sebagai metode membaca dan menulis. Ini akan menimbulkan ketertarikan dalam diri anak. Dengan demikian, semakin mudah menyerap materi. Ingatlah jika otak anak lebih mudah menerima sesuatu berbentuk visual.

Bisa juga menggunakan buku-buku belajar membaca dan menulis yang ada di pasaran. Biasanya buku-buku tersebut sekaligus melatih keterampilan mewarnai.

Pengenalan Huruf Sama Bentuk

Ada beberapa anak merasa kesulitan membedakan huruf yang memiliki kemiripan bentuk. Misalkan saja pada huruf b-d, n-u, m-w-v, dan p-q. Nah, untuk membantu anak membedakannya, silahkan menggunakan warna berbeda pada huruf-huruf tersebut.

Langsung Mengenalkan Kalimat Utuh

Metode yang ini bisa Anda mulai dengan 2 tahap, yakni menampilkan dan mengenalkan kalimat dalam bentuk utuh. Jadi tanpa mengeja per suku kata.

Ini terbukti lebih efektif. Supaya mudah mengingatnya, bisa menggunakan bantuan media gambar atau benda nyata.

Metode membaca dan menulis juga bisa mengadaptasi gaya belajar menggunakan gadget. Ini akan menjadi cara belajar yang asyik. Selain itu, anak jadi tahu jika gadget tidak hanya sebagai alat bermain saja. Cari waktu terbaik ketika hendak mengajak anak belajar.