Belajar menulis huruf yang efektif bisa diterapkan dengan banyak cara. Semua kembali kepada Anda apakah bisa mempraktekannya dengan baik atau tidak.

Belajar Menulis Huruf Dijamin Berhasil Terapkan 8 Langkah Mudah Ini
dancow.co.id

8 Tips Belajar Menulis Huruf yang Efektif untuk Si Kecil

Sebelum memasuki usia pra sekolah, biasanya orang tua sibuk mencari cara untuk memberikan bekal ke anak. Hal pertama yang umumnya diajarkan adalah bagaimana cara menulis yang baik.

Menurut penelitian, keterampilan menulis anak telah muncul semenjak mereka berusia 3 tahun. Supaya keterampilan menulis di kecil semakin baik, berikut tips yang bisa Anda terapkan untuk mendampinginya.

Coba dengan Menghubungkan Titik-Titik Huruf

Cobalah memberikan huruf dan angka dalam bentuk titik-titik atau garis putus-putus. Kemudian mintalah anak untuk menghubungkannya.

Tujuannya adalah untuk melatih otot tangan supaya si kecil terbiasa menulis. Selain itu, cara ini efektif untuk melatih otak dan sel saraf.

Beri Kata-kata Sederhana

Hindari memberikan kata-kata sulit saat anak latihan menulis. Ini agar tidak menciptakan ketakutan pada anak untuk berlatih menulis.

Ajarkan juga cara mengeja huruf kepada anak. Pada dasarnya, belajar menulis huruf sama saja dengan belajar membaca. Hanya saja karena masih dalam tahap pengenalan huruf, maka hindari kata-kata sulit. Cara efektif ini dapat membantu anak menulis kata-kata dengan tepat.

Jadilah Contoh

Tips belajar menulis berikutnya adalah cobalah memberi contoh menulis kepada anak supaya timbul ketertarikan dalam dirinya. Fakta membuktikan bahwa sikap dan perbuatan lebih mudah untuk ditiru daripada kata-kata.

Misalnya, perlihatkan kepada anak saat Anda membuat daftar belanjaan, menulis kartu ucapan terimakasih, atau pesan untuk seseorang. Lakukan hal tersebut dengan suka cita dan biarkan anak melihatnya. Sesekali, mintalah kepada anak untuk bergantian menulis.

Coba dengan Teknik yang Berbeda

Menulis di buku mungkin merupakan hal yang biasa pada anak. Tak jarang anak merasa jenuh dan bosan.

Cobalah menciptakan kreasi menulis yang baru. Usahakan Anda membuat kegiatan menulis sebagai aktivitas yang menyenangkan.

Misalnya menulis di atas garam yang dituangkan di nampan besar, menulis dengan menggunakan kapur atau spidol di atas papan, dan sebagainya. Apakah Anda memiliki ide kreativitas yang lain?

Rutin Berlatih

Tips belajar menulis huruf yang efektif selanjutnya adalah buatlah jadwal rutin belajar dan berlatih menulis huruf bersama anak. Fokuskan diri Anda saat belajar bersamanya.

Setidaknya dengan membuat jadwal berlatih yang teratur, anak akan terbiasa menulis sehingga lama kelamaan menjadi lebih mahir lagi.

Hindari Memaksa Anak

Tak selamanya mood anak bagus. Oleh karena itu, kenali dan pahami apa yang sedang anak rasakan.

Rutin berlatih memang baik agar anak menjadi semakin terampil. Akan tetapi, Anda harus ingat jika terkadang suasana hati anak tidak selamanya baik. Saat mood anak buruk, jangan memaksa anak untuk tetap berlatih menulis. Justru hal ini akan menimbulkan kebencian dalam benaknya.

Biarkan Anak Membuat Kesalahan Saat Menulis

Namanya juga tahap belajar jadi wajar seandainya anak berulang kali melakukan kesalahan. Hal yang harus Anda perbuat adalah hindari mencela atau memarahinya.

Justru dari kesalahan inilah dia akan belajar bagaimana cara belajar menulis huruf yang benar. Selain itu, beri pula kebebasan untuk menulis apapun yang diinginkan. Ini akan menimbulkan ketertarikan tersendiri dalam hati anak Anda, bahkan mungkin membuat dia semakin antusias untuk selalu latihan menulis.

Hargai Usaha Anak

Sepintas memang terdengar sepele. Namun, tahukah Anda jika ada manfaat besar yang didapat dengan hal ini.

Segala bentuk penghargaan yang Anda berikan menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi anak. Bisa jadi mereka akan semakin bersemangat belajar menulis dan membaca.

Penghargaan yang diberikan tidak perlu mahal. Anda bisa memberikan pujian, makanan favorit, dan hal lain yang disukai anak.

Di era digital saat ini, Anda bisa memanfaatkan kemajuan teknologi, seperti tablet dengan pena khusus sebagai metode belajar menulis yang menyenangkan. Setelah berhasil menerapkan belajar menulis huruf dengan baik, ajaklah anak untuk mempelajari hal lainnya. Pastikan apapun yang dilakukan selalu dalam pengawasan Anda.