Ada beberapa tips mengenalkan angka pada anak yang terbilang cukup efisien dan mudah untuk mengajarkannya. Dengan beberapa tips ini, tentunya juga bisa membantu sang buah hati menjadi cepat hafal dan mudah mengerti dengan bilangan angka. Nah, jika kamu penasaran apa saja tips-tipsnya, silahkan simak berikut ini.

Tips Mengenalkan Angka pada Anak, Bisa Cepat Paham dan Hafal
pinterest

Sejumlah Tips Mengenalkan Angka pada Anak

Anak berusia balita atau paud, memanglah menjadi sebuah masa dimana mereka akan bereksplorasi lebih banyak. Sebagai orang tua, tentunya juga harus lebih pandai dalam mendidik anaknya. Misalnya ketika ingin mengajari buah hati supaya bisa mengenal angka, tentu juga harus mempunyai strategi.

Sebab, anak di usia tersebut akan merasa bosan jika metode mengajarnya biasa-biasa saja. Untuk itu, supaya bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan anak mudah untuk menghafalkan angka, berikut ini ada beberapa tips-tipsnya.

Kenalkan Melalui Poster atau Buku Bergambar

Tips pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengenalkan angka kepada anak melalui media poster atau buku bergambar. Seperti yang kita ketahui, di toko buku ada banyak sekali poster-poster angka yang mempunyai desain unik dan bergambar lucu.

Kamu bisa memanfaatkan media tersebut untuk mengenalkan atau mengajari angka pada anak. Mereka juga merasa tertarik untuk belajar, sebab di dalam poster atau buku tersebut tidak hanya ada bilangan angka, melainkan bercampur dengan gambar-gambar lucu.

Melalui Sebuah Lagu

Tips mengenalkan angka pada anak berikutnya yaitu bisa melalui lagu anak. Metode ini juga terbilang sangat efektif untuk menyongsong perkembangan anak dalam menghafalkan angka-angka. Sebab, ketika menggunakan lagu dan bernyanyi bersama, kebanyakan anak-anak akan langsung paham dan mudah untuk mengingatnya. Mereka juga tidak akan cepat bosan saat kegiatan belajar dilakukan.

Gunakan Sebuah Objek

Menggunakan sebuah objek sekitar juga bisa menjadi cara efektif untuk melatih pemahaman anak terhadap jumlah bilangan. Misalnya, kamu bisa memanfaatkan alat belajar lalu membuat pertanyaan terkait jumlah bendanya.

Kamu juga bisa memberi kebebasan anak-anak untuk memungut benda sekitar, lalu memberikan sejumlah pertanyaan seputar jumlah benda yang mereka pungut. Semakin sering kamu menerapkan hal tersebut, tentunya sang buah hati juga semakin mudah menghafalnya.

Melatih Menggambar di Buku Bergambar

Cara ini juga terbilang lumayan efektif untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menghafalkan angka. Sebab, ketika mereka menggambar atau menebalkan sebuah bilangan angka, maka semakin lama akan mudah untuk menghafalnya. Namun, pastikan media untuk menggambar bilangan tersebut mempunyai tampilan menarik supaya sang anak mudah tertarik untuk mencobanya.

Jadi, itulah sejumlah tips mengenalkan angka pada anak yang bisa kamu terapkan dari rumah. Dengan beberapa tips di atas, tentunya bisa membantu meningkatkan kemampuan anak menjadi lebih efektif dan cepat untuk menghafalkan angka. Selain itu, mereka juga tidak akan cepat bosan saat kegiatan belajar di rumah, sebab objek atau media yang digunakannya sangat menarik.