Terdapat beberapa teknik atau tips untuk menulis huruf tegak bersambung dengan benar agar tampilannya jauh lebih rapi dan indah. Huruf tegak bersambung merupakan salah satu materi yang biasa diajarkan oleh guru kepada murid Sekolah Dasar ataupun Taman Kanak-kanak.

Cara untuk penulisan huruf ini juga dikenal dengan istilah menulis kursif. Huruf tegak bersambung sendiri merupakan huruf latin yang penulisannya berwujud rangkaian huruf khusus yang menyatu satu sama lain.

Menulis Huruf Tegak Bersambung dengan Beberapa Teknik Mudah
learn.podium.school

Cara Menulis Huruf Tegak Bersambung dengan Mudah

Setiap tulisan tegak bersambung menggunakan sejumlah huruf khusus yang berbeda dari penulisan dan tampilan huruf abjad. Huruf tegak bersambung juga memiliki istilah penyebutan lain, yaitu huruf latin.

Sesuai dengan namanya, huruf latin atau tegak bersambung ini penulisannya terus terhubung antar huruf dalam sebuah kata. Masyarakat Indonesia menjuluki huruf latin ini dengan nama huruf halus.

Hal tersebut karena bentuk tampilan dari penulisan setiap katanya terlihat mirip seperti benang halus yang meliuk-liuk. Penulisan huruf halus ini memerlukan ketelitian dan kerapian agar menghasilkan sebuah tulisan latin yang indah dan mudah dibaca.

Berikut 4 cara untuk menulis latin dengan mudah dan tepat:

Gunakan Buku Tulis Halus

Buku ini merupakan buku khusus tulisan latin yang memiliki tampilan dalam dengan deretan beberapa garis halus yang lebih rapat daripada buku tulis pada umumnya.

Dalam satu kotak akan terdapat lima baris yang sejajar satu sama lain guna memudahkan penulisan huruf sambung.

Ketahui Perbedaan Setiap Huruf Latin

Cara menulis huruf tegak bersambung berikutnya adalah dengan mengetahui cara membedakan setiap huruf latin. Mulai dari huruf yang memiliki jambul, ekor dan keduanya atau bahkan tidak memiliki keduanya.

Meniru atau Menjiplak

Cara ini dapat Anda lakukan dengan menyiapkan huruf tegak bersambung yang sudah jadi. Kemudian letakkan lembaran dengan tulisan huruf latin tersebut di bawah satu lembar buku tulis halus.

Tiru huruf yang berada dalam lembaran untuk terus berlatih menulis huruf latin. Anda dapat menerapkan cara ini sampai buah hati Anda benar-benar bisa menulis latin dengan baik dan benar.

Tuliskan Huruf Latin dengan Titik-titik Berdekatan

Cara yang penulisan huruf latin ini paling populer dan terbilang lebih efisien. Buat titik-titik kecil yang saling berdekatan hingga membentuk sebuah huruf tegak bersambung atau latin.

Atau sekarang ini sudah banyak tersedia buku tulis halus dengan tulisan huruf latin berupa titik-titik yang ada di pasaran. Nantinya anak atau siswa akan menyambungkan huruf-huruf tersebut hingga membentuk sebuah huruf latin yang sempurna.

Keempat langkah menulis huruf tegak bersambung tersebut dapat Anda terapkan hingga anak atau siswa sudah benar-benar mampu untuk menulis huruf latin dengan baik. Meski memerlukan waktu yang lebih, tetapi cara ini dapat membantu anak untuk terus berlatih dan berkembang secara bertahap setiap harinya.